Selasa, 29 Oktober 2013

Pengertian Bunga Menurut Ekonomi Teknik

Bunga (interest) dapat dimengerti sebagai uang yang dibayarkan / diterima atas  penggunaan sejumlah pinjaman atau sejumlah uang yang disimpan. Dalam pengertian yang lebih luas bunga dapat dianggap sebagai uang yang diperoleh dari investasi sejumlah modal tertentu.

Menurut Manuharawati dan Rudianto Artiono dalam Matematika Keuangan bunga adalah suatu jasa berbentuk yang diberikan oleh seorangatau pembeli terhadap  orang yang meminjamkan modal atau penjual atau persetujuan bersama.

Menurut M. Farid M dalam tesisnya menguraikan bahwa dalam literatur ekonomi, yang dimaksudk dengan suku bunga adalah ' harga' yang terjadi di pasar uang dan modal.

Menurut Nopirin dalam bukunya pengantar ilmu ekonomi teknik makro -mikro menguraikan bahwa dalam pengertian sempit, kaum klasik berpendapat bahwa suku bunga merupakan hasil interaksi antara tabunga dan investasi.

Jenis - Jenis bunga, antara lain sebagai berikut ;

1. Bunga Flat adalah sistem perhitungan suku bunga yang bessarannya mengacu pada pokok hutang awal, biayanya diterapkan untuk kredit barang

Rumus :

Total Bunga = P x I x N
P = Pokok Kredit
I = Suku bunga pertahun
N = Jangka kredit dalam satu tahun
B = Jangka kredit dalam satu bulan

2. Bunga Efektif adalah Kebalikan dari sistem bunga Flat, yaitu porsi bunga dihitung berdasarkan pokok hutang tersisa. Sehingga porsi bunga pokok dalam angsuran  setiap bulan akan berbeda, meski angsuran tiap bulannya sama

 Rumus : Bunga  perbulan = sA x Ix12

sA = Saldo Akhir Periode
I = Suku Bunga Per tahun.

DAFTAR PUSTAKA :

http://prasidya.com/ekonomi-teknik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar